Monday, September 10, 2012

Pegadaian dan seluk beluknya


PEGADAIAN, 
Mengatasi Masalah Tanpa Masalah? 
atau 
Mengatasi Masalah Dengan Menambah Masalah?
Sejarah Pegadaian

Pemerintah Penjajahan Belanda (VOC) mendirikan BANK VAN LEENING  lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai,  didirikan di Batavia(Jakarta) pada tanggal 20 Agustus 1746.
Inggris mengambil alih kekuasaan Indonesia dari tangan Belanda (1811-1816) Bank Van Leening dibubarkan, dan masyarakat diberi keleluasaan untuk mendirikan usaha pegadaian asal mendapat lisensi dari Pemerintah Daerah setempat (liecentie stelsel)
Pemegang lisensi menjalankan praktek rentenir atau lintah darat yang dirasakan kurang menguntungkan pemerintah berkuasa (Inggris) dan metode liecentie stelsel diganti menjadi pacth stelsel yaitu pendirian pegadaian diberikan kepada umum yang mampu membayarkan pajak yang tinggi kepada pemerintah
Pada saat Belanda berkuasa kembali, pola atau metode pacth stelsel tetap dipertahankan, namun dalam pelaksanaan metode pacth stelsel mengalami penyelewengan dalam praktek bisnisnya, pemerintah Hindia Belanda menerapkan metode baru yang disebut dengan ‘cultuur stelsel’ dimana dalam kajian tentang pegadaian, saran yang dikemukakan adalah sebaiknya kegiatan pegadaian ditangani sendiri oleh pemerintah agar dapat memberikan perlindungan dan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.
 1 April 1901 didirikan Pegadaian Negara pertama di Sukabumi (Jawa Barat), selanjutnya setiap tanggal 1 April diperingati sebagai hari ulang tahun Pegadaian.
Pada masa pendudukan Jepang, gedung Kantor Pusat Jawatan Pegadaian yang terletak di Jalan Kramat Raya 162 dijadikan tempat tawanan perang dan Kantor Pusat Jawatan Pegadaian dipindahkan ke Jalan Kramat Raya 132. Jawatan Pegadaian dalam Bahasa Jepang disebut ‘Sitji Eigeikyuku saat itu dipimpin oleh orang Jepang yang bernama Ohno-San dengan wakilnya orang Indonesia yang bernama M. Saubari.
Pada masa awal pemerintahan Republik Indonesia, Kantor Jawatan Pegadaian sempat pindah ke Karang Anyar (Kebumen) karena situasi perang yang kian terus memanas dan pada  agresi militer Belanda yang kedua memaksa Kantor Jawatan Pegadaian dipindah lagi ke Magelang.  Pasca perang kemerdekaan Kantor Jawatan Pegadaian kembali lagi ke Jakarta dan Pegadaian kembali dikelola oleh Pemerintah Republik Indonesia
 Sejak 1 Januari 1961 Pegadaian menjadi Perusahaan Negara (PN),
 Tahun 1969 Pegadaian menjadi Perusahaan Jawatan (PERJAN) berdasarkan PP.No.7/1969  
Tahun 1990 Pegadaian menjadi  Perusahaan Umum (PERUM) berdasarkan  PP.No.10/1990 (yang diperbaharui dengan PP.No.103/2000)
 13 Desember 2011, Pegadaian menjadi  Perusahaan Perseroan (Persero) berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 51 tahun 2011


sumber http://www.pegadaian.co.id



Karakteristik Peminjaman di Pegadaian

Kapan saya membutuhkan pinjaman di Pegadaian?
Silahkan anda melakukan pinjaman di Pegadaian apabila anda memenuhi salah satu syarat di bawah ini :
- Konsumsi Sendiri yang sifatnya DARURAT
- Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Diluar dari kedua kondisi diatas, TIDAK DISARANKAN menggunakan pinjaman Pegadaian !

Bagimana cara mendapatkan Pinjaman di Pegadaian?
Untuk Mendapatkan pinjaman di Pegadaian anda harus mengagunkan/ menggadaikan aset tertentu yang akan disimpan oleh Pegadaian selama pinjaman berlangsung 

Aset apa saja yang dapat diagunkan / digadaikan?
Contoh aset yang dapat diagunakan / digadaikan :
- Emas
-Perhiasan
-Kendaraan Bermotor
- Barang elektronik

Contoh aset yang tidak dapat diagunkan / digadaikan:
- Rumah
- Tanah

Mengapa?
Karena aset tersebut tidak dapat disimpan oleh Pegadaian selama pinjaman berlangsung

Berapa bunga dan lama pinjaman pegadaian?
Bunga pinjaman Pegadaian dihitung setiap 15 hari yang besarnya sesuai golongan dan dibayarkan di depan bersama biaya administrasi.
















Jangka waktu pinjaman maximal adalah 4 bulan dan dan diperpanjang di akhir masa gadai

Apakah semua aset dihargai sama?
Batas maximal peminjaman tiap barang dihargai berbeda - beda tergantung dari tingkat likuiditas( seberapa mudah barang tersebut dicairkan menjadi uang cash)

Contoh Kasus
Pak Ali berencana menjaminkan emas yang dibelinya seharga Rp 5.000.000,00
Taksiran dari pihak Pegadaian untuk emas tersebut ternyata hanya senilai Rp 3.800.000,00
Maka dana maksimum yang dapat diberikan pihak Pegadaian untuk Pak Ali sebesar 
Rp 3.800.000 x 92% (emas golongan C senilai Rp 500.001- Rp 20.000.000)
= Rp 3.496.000,00

Pak Ali hanya inging meminjam Rp 3.000.000,00 dengan cara mencicil selama 4 bulan
Dana yang diterima pak Ali adalah Rp 2.970.000,00 (Rp 3.000.000,00 dikurangi biaya administrasi 1% yakni Rp 30.000,00)

Bunga Pinjaman selama 4 bulan penuh harus dibayar dimuka dan ditambahkan kesanggupan membayar cicilan pertama (Misalkan Rp 500.000)

Total yang harus dibayar di muka: 
Bunga Pinjaman selama 4 bulan: 
1,3% (Bunga dari aset Golongan C senilai Rp 500.001- Rp 20.000.000) 
x
 8 kali perpanjangan (15 hari x 8 kali perpanjangan = 120 hari/ 4 bulan)
= 10, 8%
x
Rp 2.970.000,00 (Pokok Hutang)
= Rp 308.880,00
+
Kesanggupan membayar cicilan pertama:
Rp 500.000,00

Total yang harus di bayar di muka
Bunga + kesanggupan cicilan pertama
Rp 308.880,00 + Rp 500.000,00
Rp 808.880,00

Kesimpulan 
Mengatasi Masalah Tanpa Masalah? 
Ya, 
apabila anda menggunakan pinjaman Pegadaian sesuai dengan perhitungan yang matang 
dan
 memenuhi 2 syarat kondisi yang telah dikemukakan di atas contoh:
- Uang Sekolah Anak
- Pembiayaan Rumah Sakit
- Permodalan Perluasan Usaha

Mengatasi Masalah Dengan Menambah Masalah?
Ya,
Apabila anda menggunakan pinjaman pegadaian diluar dari 2 syarat kondisi yang telah dikemukakan di atas
dan
Tanpa pemahaman yang jelas dan rinci mengenai sistem di Pegadaian, contoh:
- Beli barang bermerk demi gengsi
- Pembayaran kartu kredit akibat kebiasaan konsumtif berlebihan
- Berhutang demi menutupi hutang yang lain

6 comments:

  1. Halo teman, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. tolong bergabunglah dengan saya untuk bahagia Saya baru saja mendapat pinjaman dari organisasi pemberi pinjaman internasional yang sah. Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian seorang Ibu annisa bekerja dari indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman darinya dan dia memberi saya kontak mereka.
    email Rossastanleyloancompany@gmail.com
    Twitter Rossastalyloan
    Instagram Rossamikefavor
    Viber +15186756750

     Jadi saya langsung mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya. Jujur saja, awalnya saya sangat takut karena kehilangan uang untuk penipuan sebelumnya, saya terkejut bahwa kurang dari 48 jam setelahnya, pinjaman dolar Amerika Serikat sebesar $ 35.000,00 yang saya gunakan untuk benar-benar ditransfer ke akun saya. Seluruh prosesnya sederhana. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Kupikir aku sedang bermimpi saat mendapat pesan dari bankku. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya yang sederhana untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek Saya terkejut. Saya ingin berterima kasih terutama kepada Ibu Annisa yang menciptakan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda menghubungi mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan.
    Terima kasih.
    Inilah email saya yang membungkus anda ingin menanyakan sesuatu janetpamelaulrich@gmail.com

    ReplyDelete
  2. CHERYL MARTINS LOAN FIRM

    selamat sepanjang hari

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya CHERYL LOAN FIRM saat ini menawarkan Pinjaman Jangka Panjang dan Jangka Pendek untuk masing-masing organisasi dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk memperbaiki bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat bunga rendah 1,5%. untuk semua bentuk pinjaman keuangan, ini terjangkau, dengan tingkat bunga rendah, layanan pinjaman kami berkisar antara minimum ($ 7,000.00, $ 4,00.00) sampai jumlah maksimum ($ 40,000.00) dan dengan durasi minimum 1 tahun, dan jangka waktu maksimum 10 tahun yang telah disetujui oleh perusahaan pinjaman, sebelum kami dapat mengarahkan Anda ke bank pengalihan yang akan segera memulai pinjaman Anda dan dengan tingkat bunga 1,5%, maka biarlah kami memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda lebih jauh. pengolahan hubungi kami dengan informasi berikut. dibawah.
    (CHERIL.MARTINSLOANFIRM@GMAIL.COM)
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang
    :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :::: :::::
    DOLAR
    POUND
    EURO
    RM
    Rp

    hubungi kami sekarang

    ReplyDelete
  3. Nama saya Ferdy Candra, saya ingin merekomendasikan organisasi Pinjaman Islami yang saya temukan online untuk semua saudara dan saudari yang mencari pinjaman cepat untuk dengan cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman $ 35.000 dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka kepada Anda karena saya benar-benar mempercayai mereka, itulah sebabnya saya mengarahkan Anda kepada mereka. Saya juga menyarankan Anda untuk berhati-hati secara online karena ada begitu banyak perusahaan pinjaman palsu online, yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman. Saya diarahkan kepada mereka oleh saudara perempuan saya yang juga menerima pinjaman $ 20.000 dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan saya menemukan bahwa mereka benar-benar asli dan mereka tidak seperti pemberi pinjaman pinjaman palsu lainnya yang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman. Pinjaman Islami benar-benar asli dan legal dan mereka juga diakui di seluruh dunia. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Pinjaman mereka sangat cepat dan mudah diproses. Tetapi Anda harus dapat meyakinkan mereka bahwa Anda akan membayar kembali pinjaman Anda. Anda dapat menghubungi Email mereka: islamicloanurgently@gmail.com

    Jika ada sesuatu yang Anda tidak mengerti, Anda dapat menghubungi saya melalui email saya: ferdy228811@gmail.com Saya di sini untuk memberikan bantuan kepada Anda.

    ReplyDelete
  4. Ferdy, Anda benar karena ada kebenaran dalam komentar Anda. Saya juga telah menerima pinjaman dari organisasi ini bernama perusahaan organisasi pinjaman Islam. Saya dihubungi (islamicloanurgently@gmail.com) dan saya benar-benar menerima pinjaman saya dari mereka dan pinjaman mereka sangat
      sederhana untuk diproses. Mereka sangat tulus. Terima kasih telah berbagi informasi ini.

    ReplyDelete
  5. PROMO! PROMO! PROMO !!!

    Apakah Anda tertarik dengan pinjaman? Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran dan bantuan keuangan kepada kami klien dan pelamar Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat mendiskusikannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Industri Bank.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Pinjaman.
    Kredit kepemilikan rumah.

    PERUSAHAAN PINJAMAN
    Website: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    CEO Tel.: +1(914)705-7484
    Whatsapp: +19147057484
    Manajer Cabang: + 1-267-725-6459
    Manajer Cabang Whatsapp: + 12677256459
    Kantor Pusat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, AS
    Pajak / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Kabupaten New York, NY9016 34001

    ReplyDelete
  6. Nama saya Mrs. Effie Kustiyo email effiekustiyo@gmail.com dari jl panji 22 rt 5/4, malang, Indonesia. Saya adalah kesaksian sejati RIKA ANDERSON LOAN COMPANY sebagai salah satu orang paling bahagia di Indonesia saat ini dan saya mengatakan pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberi tahu namanya kepada dunia dan saya sangat senang mengatakannya bahwa keluarga saya kembali dan bahagia selamanya karena saya mendapat hibah pinjaman sebesar Rp85.000.000 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ibu dengan 7 anak dan semuanya bergantung pada saya.

    ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa pendapatan sangat rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka menipu uang saya dari saya dengan janji untuk membantu saya tetapi semua kebohongan.

    Saya bertemu dengan tiestimony di facebook dan di blog tentang Mother RIKA ANDERSON LOAN COMPANY beberapa kali dan saya bertanya-tanya apakah itu asli sehingga saya menghubungi beberapa penguji Mother Sabrinar Aditya di email sabrinaraditya59@gmail.com saya menghubungi Mother Maria Fadhlan di facebook dan email mariafadhlan@gmail.com dan saya juga menghubungi ibu Margaretha Asmaran di Facebook whatsapp dan email margarethaasmaran@gmail.com

    Saya akhirnya menghubungi CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di whatsapp dan saya merujuk ke email perusahaan

    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Saluran Bantuan Layanan Pelanggan Office: +1 (518) 360-2491
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +15183602491

    mengirimkan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di mana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak mungkin karena pengalaman masa lalu dan janji-janji palsu tetapi saya terkejut, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp85.000.000 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan, melalui email di: Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +15183602491 karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. Jika Anda membutuhkan pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, perusahaan Rika Anderson dapat membantu Anda.

    ReplyDelete